Tuesday, May 8, 2012

IPA GERAK


A.   PENGERTIAN GERAK
1.    GERAK BERSIFAT RELATIF
Kedudukan atau posisi suatu benda dapat ditentukan berdasarkan titik tertentu yang disebut titik acuan. Kedudukan benda dapat terletak di sebelah kanan, kiri, atas, atau bawah titik acuan. Untuk membedakannya digunakan tanda positif atau negatif.
            Pada penyelidikan Sains di atas, seorang anak yang membawa buku di kepalanya berjalan menjauhi meja. Jika anak yang semula berdiri di titik A berubah kedudukannya menjadi di titik B, maka dapat dikatakan bahwa anak dan buku di atas kepalanya bergerak terhadap meja. Akan tetapi, jika kamu melihat kedudukan buku yang selalu tetap di atas kepala anak tersebut, maka buku dikatakan tidak bergerak terhadap kepala anak (kepala anak sebagai titik acuan).
            Suatu benda dapat dikatakan bergerak terhadap benda tertentu, tetapi tidak bergerak terhadap benda lainnya. Hal itu menunjukan bahwa gerak bersifat relatif, artinya tergantung pada titik acuan yang digunakan.

2.    GERAK SEMU
Kamu berada di dalam mobil yang sedang bergerak kemudian kamu menengoke luar jendela mobil. Benda-benda seperti pohon dan rambu-rambu lalu lintas yang berada di depan mobil seolah-olah bergerak mendekatimu kemudian melintas dan akhirnya menjauhimu. Padahal sesungguhnya kamulah yang bergerak melewati pohon. Peristiwa itu disebut dengan gerak  semu. Gerak semu terjadi pada benda yang sebenarnya diam, teatapi  seolah-olah tampak bergerak.
            Contoh lain yang menunjukan gerak semu, yaitu matahari yang seolah-olah bergerak dari timur ke barat sebenarnya matahari diam, tetapi bumilah yang berotasi dengan arah dari barat ke timur.
3.    GERAK LURUS
Pernahkah kamu memperhatikan kejadian-kejadian seperti buah kelapa jatuh dari pohonya dan mobil yang bergerak di jalan yang lurus? Bagaimanakah bentuk lintasan buah kelapa ketika jatuh? Buah kelapa akan menempuh lintasan berupa garis lurus. Begitu pula gerak mobil yang berjalan di jalan yang lurus, mobil akan menempuh lintasan berupa garis lurus. Jadi gerak yang menghasilkan lintasan berupa garis lurus disebut  gerak lurus.
B.   JARAK dan PERPINDAHAN
Jarak adalah panjang lintasan yang dari titik awal.
Perpindahan adalah perubahan ke dudukan suatu benda dari titik awal.



C.   KELAJUAN dan KECEPATAN
Laju merupakan jarak yang ditempuh suatu benda tiap waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut. Pada kelajuan tetap suatu benda semakin lama waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak tersebut.
Dan secara matematis, laju dirumuskan:
·          

dengan:
             v = laju (m/s)
             s = jarak (m)
             t = waktu (s)

D.   GERAK LURUS BERATURAN (GLB)
Gerak lurus beraturan, yaitu gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dengan kecepatan tetap.
Paa GLB berlaku:
·        
·              
alat yang mengadopsi konsep GLB adalah lift, eskalator ,dan lain-lain
E.    GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB)
Gerak lurus berubah beraturan adalah gerak suatu benda yang lintasannya berupa garis lurus dan kecepatannya berubah secara teratur.
1.    Aplikasi Konsep Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
Dalam kehidupan sehari-hari, konsep GLBB yang sering kta jumpa, seperti yang berikut.
a.    Benda yang sedang jatuh
b.    Pedal gas yang ditekan
c.    Kereta api yang direm

2.    Percepatan

Ket:
a = percepatan
vt = kecepatan akhir
vo = kecepatan awal
t = waktu

 
Perubahan kecepatan tiap waktu yang diperlukan untuk berubah disebut percepatan. Secara matematis, percepatan dirumuskan:
·       
·       

� p

0 comments:

Post a Comment