Tuesday, May 8, 2012

Faktor- faktor yang mempengaruhi kebutuhan manusia



1) Faktor ekonomi
Kondisi ekonomi sangat mempengaruhi jenis kebutuhan dan cara memenuhi kebutuhan seseorang. Kebutuhan orang kaya cenderung lebih banyak daripada orang miskin. Contoh: orang kaya membutuhkan mobil mewah, rumah mewah, sedang orang miskin barabg-barang tersebut tidak penting. Perbedaaan ini terjad karena orang ayamampu memenuhi kebutuhan dengan mudah, sedangkan orang mskinuntuk memenuhi kebutuhan pokok saja mengalami kesulitan.
2) Faktor lingkungan sosial budaya
Naluri manusia untuk mempertahankan hidup menuntut manusia memenuhi kebutuhan biologis berupa makanan, minuman, dan pakaian. Alat pemuas kebutuha tersebut diambil di lingkungan sekitar tempat tinggal. Dengan demikian kondisi lingkungan suatu daerahsedikit banyak mempengaruhi cara hidup dan kebutuhan manusa yag tinggal di dalamnya.
3) Faktor fisik
Manusia diciptakan Tuhan dalam bentuk fisik yang berbeda-beda . Ada laki-laki ada perempuan.ada yang berpostur tinggi dan ada yang berpostur rendah, hal ini otomatis menyebabkan ebutuhan manusia berbeda –beda dan beraneka ragam.
4) Faktor pendidikan
Tinggi rendahnya pendidikanseseorang akan mempengaruhi jenis dan jumlah kebutuhan. Semakin tinggi tingkat pendidikan semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan tetepi semakin tinggi pendidikan semakin besar pula kemampuan untuk memenuhi kebutuhan hidup.
5) Faktor bencana
Apabila terjadi bencana, baik bencana alammaupun karena kecerobohan manusia, maka akan timbul keinginan manusia untuk mengatasinya. Oleh sebab tu muncul keinginan memenuhi kebutuhan akan baranag guana mengatasi bencana.
6) Faktor mode
Masyarakat cenderung ingin memenuhi kebutuhannya sesuai dengan mode terbaru/mutakhir. Misalnya entuk rumah, sepedah motor, hand phone, mobil, jenis pakaian.
7) Aktor peradaban
Kebutuhan manusia selalu mengikuti perkembangan peradaban zaman. Makin tinggi peradaban manusia smakin banyak pula kebutuhanny, baik dalam hal kualitas maupun kuantitas.
8) Faktor Agama
Agama merupakan kebutuhan rohani yang penting bagi manusia. Setiap agama mmiliki peraturan peribadatan sendiri-sendiri yang berbeda-beda.
9) Mata pencaharian
Dalam memenuhi kebutuhan, manusia dipengaruhi oleh nata pencahariannya. Petani lebih membutuhan alet bercocok tanam, misal cangkul, pupuk, bibit unggul, dan lain-lain. Sedangkan nelayan lebih membutuhkan perahu, jala, ummpan dan lain-lain.

2 comments:

  1. Boleh tau buku referensi yang dibuat nulis bacaan ini"faktor-faktor yang mepengaruhi kebutuhan manusia" nggak...?
    Penting buat skripsi...

    ReplyDelete